Pengetahuan

Solusi 413 – Request Entity Too Large Error pada NGINX

Dalam melakukan konfigurasi server tentu kita akan menemukan masalah dan masalah. Cara terbaik dala mengatasi masalah adalah dengan membaca yang namanya pesan kesalahan. Pada kali ini saya akan membahas tentang pesan kesalahan 413 – Request Entity Too Large Error yang saya alami saat menggunakan peladen web NGINX.

Kita harus tahu terlebih dahulu penyebab munculnya pesan kesalahan ini dan ketika melakukan apa. Saya pribadi menemui permasalahan ini ketika saya harus mengunggah sebuah berkas dengan berukuran yang cukup besar lalu muncul pesan galat seperti itu.  Berarti pesan ini menunjukkan bahwa permintaan dari klien terlalu besar. Untuk mengakalinya kita harus mengubah dengan mengatur client_max_body_size.

Untuk mengatur hal tersebut silahkan buka berkas berikut dengan pengedit teks.

nano /etc/nginx/nginx.conf

Jika sudah terbuka silahkan untuk menambahkan client_max_body_size diikuti dengan ukuran yang kita tentukan pada bagian http, contohnya bisa dilihat pada perintah di bawah ini.

httpp {
client_max_body_size 50M;

Jika sudah jangan lupa untuk melakukan restart pada layanan nginx dengan melakukan service nginx restart. Sangat mudah kan? jika ada yang ingin ditanyakan bisa komentar di bawah atau gabung ke grup Aliansi TKJ Nusantara di media sosial Facebook.

Tags
Close
Close